3 Fakta Tentang Pulau Lombok


Pulau lombok adalah salah satu destinasi wisata yang saat ini sangat populer baik di dalam dan luar negeri. Pulau lombok saat ini sudah di nobatkan menjadi salah satu destinasi wisata halal di dunia, dimana hal ini membuat kepopuleran pulau lombok sebagai tempat wisata semakin tinggi di mata para wisatawan. Selain terkenal sebagai destinasi pariwisata di indonesia, pulau lombok juga terkenal dengan banyak fakta-fakta unik di dalamnya, berikut 3 fakta unik yang dimiliki oleh pulau lombok.


1. Ada gunung tertinggi ke-2 di indonesia

Selain terkenal dengan pantai-pantainya, pulau lombok juga dengan keindahan alamnya yang begitu asri, terutama keindahan pegunungannya, salah satunya gunung rinjani. gunung rinjani sendiri adalah gunung tertinggi ke dua yang dimiliki oleh indonesia, dimana ketinggian yang dimiliki gunung ini adalah 3.726 mdpl. Keindahan gunung rinjani sangatlah terkenal, karena adanya sebuah danau ditengah-tengah kawahnya, yaitu Danau Segara Anak. Hal ini adalah salah satu daya tarik yang di miliki gunung rinjani untuk didaki. 

2. Ada tradisi pernikahan unik

Di pulau lombok ada sebuah tradisi perkawinan yang unik, tradisi ini bernama melaik. Dimana tradisi ini adalah sebuah tradisi perkawinan adat masyarakat lombok. Tradisi ini adalah tradisi perkawinan yang dilakukan dengan cara menculik mempelai wanita terlebih dahulu tanpa sepengetahuan orang tua dari mempelai wanita. Proses perkawinan ini pertama-tama yaitu menculik mempelai wanita dan dibawa ke rumah salah satu keluarga mempelai pria, setelah itu perwakilan dari mempelai pria memberitahukan kepada orang tua mempelai wanita bahwa sang anak sedang bersama mempelai pria, setelah mendapatkan setuju dari pihak keluarga mempelai wanita barulah proses akat nikah dilakukan.

3. Dikenal sebagai pulau seribu masjid

Kenapa pulau lombok dijuluki demikian, karena di pulau lombok sendiri terdapat banyak bangunan masjid. Hampir setiap desa di lombok memiliki masjid yang ukurannya bisa dibilang besar. Di lombok sendiri satu kota saja bisa kita jumpai bangunan masjid sekitar lebih dari 10 bangunan, bisa dibayangkan banyaknya masjid yang terdapat di pulau lombok, tidak salah pulau lombok dijuluki sebagai pulau seribu masjid.

Sekian postingan kali ini,  semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menambah wawasan tentang negara kita tercinta indonesai. Jangan lupa komentar kalau kalian suka dengan artikel ini.

Comments